Jumat, 26 September 2014

Penyebab Telat Menstruasi pada Wanita

Penyebab Telat Menstruasi pada Wanita
Sudah bukan rahasia lagi kalau siklus menstruasi bisa digunakan sebagai penanda kehamilan. Akan tetapi, banyak orang yang salah kaprah mengartikannya begitu saja. Ketika Anda telat menstruasi, Anda berpikir bahwa Anda hamil.

Inilah kesalahan yang sering terjadi. Perlu Anda ingat, siklus menstruasi yang terlambat tidak selalu berarti Anda hamil. Jika Anda memang sedang tidak ingin hamil, Anda tidak perlu panik. Atau jika Anda memang menginginkan kehamilan dan Anda mengalami terlambat haid, ada baiknya Anda jangan membiarkan harapan Anda terlalu tinggi. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab telat datang bulan dan tidak kesemuanya mengarah ke kehamilan.

Beberapa Penyebab Telat Menstruasi

.1. Stres
Stres menjadi ancaman diam dan salah satu penyebab banyaknya penyakit yang memengaruhi tubuh Anda. Jika Anda mengalami stres emosional, Anda bisa melewatkan menstruasi karena gangguan siklus hormonal.

2. Kegemukan
Apabila berat Anda lebih dari 92 kg, Anda dianggap obesitas. Anda pun bisa menjadi korban menstruasi yang tak teratur dan menstruasi terlambat.

3. Kekurusan
Anda yang mengalami gangguan makan bisa menyebabkan organ vital tubuh tak berfungsi dengan baik sehingga ini bisa menjadi alasan Anda terlambat menstruasi.

4. Travelling
Apabila Anda seing berpegian antar benua, Anda bisa mengalami terlambat haid. Ketika tubuh Anda menyesuaikan waktu tertentu, Anda bisa terlambat haid.

5. Terlau Banyak Olahraga
Terlalu banyak olahraga bisa menjadi masalah kesehatan. Ketika Anda mengekspose tubuh Anda dengan latihan yang berlebihan, ini memengaruhi kesehatan fisik Anda. Alasan inilah yang membuat menstruasi Anda terlambat.

6. Tubuh Tidak Fit
Sakit menjadi salah satu alasan Anda terlambat haid. Ketika tingkat kekebalan tubuh Anda turun, Anda tak akan mengalami ovulasi dan inilah yang menyebabkan haid tertunda.


7. Thyroid
Ini adalah masalah yang cukuo umum dialami perempuan yakni gangguan tiroid sehingga memengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi yang teratur. Apapun yang mengganggu normalnya ovulasi bisa menyebabkan menstruasi terlambat.

8. Obat-Obatan
Apakah Anda minum obat-obatan secara teratur, karena ini bisa menyebabkan terlambatnya haid. Di sisi lain, ada beberapa obat yang memengaruhi tubuh termasuk siklus haid.

Baca juga; [Tips Agar Cepat Hamil]

9. Salah Perhitungan
Siklus menstruasi bervariasi dari satu perempuan ke perempuan lain. Siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari. Tapi, untuk beberapa perempuan adalah 30 hari atau lebih. Dengan demikian ini menjadi alasan haid Anda terlambat.

10. Jadwal Kerja
Mengubah jadwal bisa memengaruhi jam tubuh Anda. Ini biasanya memengaruhi perempuan yang memiliki fluktuasi jam kerja, seperti pergeseran pagi dan malam.

10 komentar

Ahh gak paham masalah beginian, saya kan cowo. jadi izin ngeramein aja yaa

11. Hamil
Klo hamil pasti udah ga dateng bulan lagi :)

Untuk kaum wanita hal tersebut bisa juga nih menjadi pelajaran dan pedoman.

insya alloh bisa mas ..
semoga ajah menjadi pelajaran yang baik buat kaum wanita :)

nggak tahu mau kasih komentar apa nih soalnya belum pernah ngerasain mbak

karena artikel ini khusus untuk wanita saja, jadi kaum adam masa bisa ngerti hehe

mana ada kalo lagi hamil datang bulan :D

Walaupun artike ini khusus cewek. Tapi setidaknya bisa nambah ilmu ya kak..

ya mas ..
makasih mas atas kunjungannya :)


Emoticon Emoticon