Sabtu, 06 September 2014

Pentingnya Memakai Sunblock

Sinar matahari adalah sumber kehidupan karena dapat memberikan pertumbuhan dan tenaga bagi semua makhluk hidup, terutama bagi manusia.
Dengan adanya matahari bisa memberikan nafkah bagi pengusaha kerupuk, loundry, penggilingan padi, ikan asin dan sebagainya. Tapi ada juga berbagai alasan yang menjadikan matahari sebagai musuh.

Misalnya di negara Asia, di mana masyarakatnya cenderung mengagungkan kulit putih, sehingga banyak sekali bermunculan produk pemutih kulit. Uniknya, masyarakat di belahan dunia barat mengidam-idamkan kulit kecoklatan sehingga sering berjemur. Kenapa perbedaan sikap ini bisa terjadi?

Karena pengetahuan manusia mengenai sinar matahari ini kurang. Ibarat mata uang, sinar matahari memiliki dua sisi yang tak dapat dipisahkan, ada yang menguntungkan ada juga yang merugikan.

[Baca juga: Cerahkan Kulit yang Menggelap Akibat Sinar Matahari]

Dampak negatif dari sinar matahari

Pancaran sinar ultraviolet secara berlebihan dapat merusak lapisan elastis, yang berperan untuk menjaga kelenturan kulit.

Akibatnya, kulit menjadi keriput dan kehilangan elastisitasnya sehingga seseorang dapat terlihat lebih tua dibandingkan usia aslinya karena kulit tidak lagi kencang dan kering. Selain keriput, radiasi sinar ultraviolet berlebihan juga dapat menimbulkan bintik-bintik coklat di wajah, terbakar dan dampak fatalnya adalah menimbulkan kanker kulit.


Pentingnya memakai sunblock

Menggunakan sunblock sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit, sebagai berikut:

1. Kulit Kasar
Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering, menyerap kelembaban kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya.

2. Kerutan
Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembaban dan kelembutannya. Sehingga timbul kerutan pada kulit.

[Baca juga: Jika Kulit Sudah Lebih Cerah, Bisakah Kembali Gelap?]

3. Flek
Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melamin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan noda-noda hitam.

4. Kulit Terbakar
Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar UV tersebut dapat membakar sel-sel kulit baru. Masalah ini harus segera di atasi.

5. Komedo
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan komedo pada wajah, terutama di area hidung dan dahi.

[Baca juga: 3 Produk Sunblock Berkualitas yang Aman untuk Kulit Sensitif]

12 komentar

ada yang bilang katanya paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan kanker kulit, jadi ada baiknya juga memakai sunblock biar terhindar dari dampak buruk sinar matahari

biar kulit tidak terbakar
sangat cocok untuk wanita, laki2 ya ada juga yang memakai meskipun jumlahnya sedikit saja

yang paling sering saya alami kebakar kulit mba, penting juga pake sunblock

saya kalau keluar siang pake topi mbak, kalau pakai sanblog gimana ya cowok kayak saya apa lebih macow haha....

Thx infonya, tpi cow item lbh maco. Haha, pembelaan diri

penggunaan sunblock tidak hanya mengurangi penggelapan kulit tapi juga dapat menangani resiko kanker kulit.

tapi sunblock cocok untuk wanita dan pria kok mas/mbak agar mengurangi penggelapan pada kulit saat di bawah sinar matahari.

nah agar tidak sering kebakar kulitnya coba pakai pynocare sunblock mas..

pakai topi saja tidak cukup mas kalo tidak memakai sunblock apalagi sering beraktivitas di bawah sinar matahari.

ngga setiap cowok item itu maco mas, tergantung orangnya aja.


Emoticon Emoticon