Jumat, 05 September 2014

Kapan Seharusnya Memulai Perawatan Anti-Penuaan?

Memulai Perawatan Anti-Penuaan
Selain bagaimana menghilangkan flek dan produk pemutih apa yang paling aman, pertanyaan yang sering muncul di benak wanita adalah kapan waktu yang tepat untuk memulai perawatan anti-penuaan. Apakah saya terlalu muda untuk menggunakan perawatan anti-penuaan? Mungkin banyak wanita -jika pria tidak ingin disebut- di usia muda mempertanyakaan hal yang sama. Saat Anda membaca artikel ini, maka Anda akan tahu bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

Penuaan Dimulai Sejak Usia 20-an

Meski banyak yang menyarankan produk anti penuaan saat memasuki usia 30 an, menurut berbagai sumber penuaan pada tubuh kita dimulai saat menginjak usia 25. Hal ini disebabkan karena proses regenerasi sel terutama sel-sel kulit mulai melambat. Menurut Dr Howard Murad dalam bukunya, The Water Secret: The Cellular Breakthrough to Look and Feel 10 Years Younger, pada usia 25 kulit mulai menunjukkan penuaan intrinsik meliputi:

  • Pengurangan kekencangan kulit, dimana ketahanan serat kolagen mulai hilang, bertambah tebal dan semakin rapuh. Serat kolagen kehilangan 1% bagian setiap tahun dimulai dari usia 25 ini.
  • Pengurangan elastisitas kulit, dimana serat elastin menjadi longgar dan mudah patah. Selain itu jumlahnya menjadi lebih sedikit.
  • Pengurangan molekul air, yang menjaga kolagen dan elastin tetap lentur serta lembab.


Dilansir dari Daily Mail, penuaan dini bermula saat usia 20-an. Dr Andrew Wright, seorang konsultan dermatologi bekerja sama dengan Bradford NHS Trust, menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia produksi kolagen (protein perancah kulit) mulai melambat, dan elastin (zat yang memungkinkan kulit kembali ke tempatnya) semakin berkurang bahkan rusak. Sel-sel kulit mati tidak dapat terangkat dengan cepat dan pergantian sel-sel kulit baru menurun. Kondisi ini menyebabkan timbulnya kerutan, garis halus, sekalipun tanda-tanda penuaan tidak nampak saat memasuki usia 30-an (kecuali dipercepat oleh merokok dan kerusakan akibat sinar matahari).

Produksi Kolagen Berkurang 1% Setiap Tahun

Menariknya, artikel lain di Daily Mail menunjukkan penuaan intrinsik dimulai sebelum usia 20, ketika Anda memproduksi kolagen 1% lebih sedikit per tahun. Berkurangnya kolagen dan mitranya, elastin ditambah penurunan hormon estrogen ketika menopouse seolah menjadi penjahat besar yang membuat kulit lebih tipis, kering, kendur dan rapuh.

Penuaan Intrinsik itu Alami

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, penuaan instrinsik adalah suatu proses yang alami. Dr Howard Murad mendefinisikan penuaan intrinsik sebagai jenis penuaan yang terjadi ketika Anda terkena sinar matahari, polusi, mengalami stress, minum alkohol dan faktor-faktor lainnya. Sekalipun Anda tinggal di gua atau lingkungan yang tertutup, penuan intrinsik akan tetap terjadi dimana genetika bermain dalam hal ini.

Saran Perawatan Kulit Sesuai Kelompok Usia

Jika Anda berusia 25 atau memasuki 25, Anda tidak perlu gila-gilaan mencoba perawatan ini itu. Secara pribadi, saya pikir gaya hidup lebih penting ketimbang yang lain. Tidur lebih awal, istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tidak merokok mungkin lebih penting daripada mengoleskan krim anti-penuaan yang mahal. Saya ingin mengatakan perlindungan terhadap sinar matahari adalah kuncinya, saya ingin memulainya lebih awal. Selain itu, tetap pada perawatan kulit yang sederhana dengan mencari pelembab atau serum yang mengandung zat-zat pembaruan sel seperti vitamin C untuk mendorong produksi kolagen dan mencegah garis-garis halus. Dan yang terpenting, pastikan Anda membersihkan wajah dengan baik, scrubbing teratur dua kali seminggu.

22 komentar

pikiran yang tenang dan tidak mudah stres juga dapat mencegah penuaan dini mbak :)

Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

Cerita Update
Lirik Lagu Indonesia

Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

Cerita Update
Lirik Lagu Indonesia

terimakasih atas kunjungannya.

intinya merawat diri di usia muda itu memang sangat penting ya sis

Kata orang, kalau dompetnya tebal. Bisa awet muda ya..?

tidak semua yg berdompet tebal bisa awet muda mas, asal kita nya aja yg harus pinter2 merawat diri dengan sebaik mungkin.

Ternyata penuaan itu dimulai usia 20-an tahun ya mbak? Pantasan saya terlihat sudah semakin tua karena faktor usia sehingga enggak lagi ganteng..hehehe... So, artikel ini bermanfaat mbak Elsa.

lama tak berkunjung ni mbak, templatenya baru ni kayaknya

baru tau penuaan dari umur 20-an, kiranin dari umur 40-an

betul kang ucup yang penting dibawa heppy aja, biar gak setres, tubuh jadi rilexs... iya apa iya mbak wida hehe, tapi btw saya ternyata juga udah mengalami penuaan ya hedehhh

kang ucup, sering stress juga dapat mempercepat penuaan. makanya harus santai kayak di pantai :D

mas yuliono, semenjak ada mba wida ko jadi sering kesini ya..

cantik alami itu sebenarnya klise.. andai dia udah cantik sejak lahir kalau perawatannya gak ada sama aja boong =))

harus rajin perawatan mas uda biar gantengnya maksimal :D

iya mas. saya lebih suka template yang ringan-ringan

Wah kirain cuma ada 'Pernikahan Dini' ternata Penuaan DIni juga ada heheheu, jadi kepukiran untuk merawat wajah nih

Perawatan dini untuk pencegahan penuanan juga penting lo mba, jangan masih umur muda, tapi sudah boros muka. Ha,, ha,,ha,,, ha,,, ngaca dulua ah. :D

Salam


Emoticon Emoticon