Selasa, 23 September 2014

Buah yang Harus Dihindari untuk Ibu Hamil

Buah yang Harus Dihindari untuk Ibu Hamil
Buah adalah masa yang paling sulit bagi seorang wanita dan juga bayinya yang masih didalam kandungan. Selain harus memenuhi diet dan aktivitas yang sehat, ibu hamil juga perlu untuk mewaspadai beberapa makanan dan buah dalam diet harian mereka.

Kehamilan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita, sehingga akan membuat ibu dan bayi lebih rentan terhadap bakteri, virus atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Ada buah-buahan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan. Jadi jika Anda menginginkan yang terbaik bagi bayi Anda, maka sebaiknya Anda memperhatikan daftar buah-buahan yang tidak boleh dimakan selama kehamilan.

[Baca juga: Suplemen Vitamin E Alami]

Buah yang harus dihindari selama kehamilan

Buah pada umumnya sangat sehat bagi kehamilan, namun ada zat-zat dalam buah tertentu yang bisa menghadirkan resiko buruk. Sebagai gantinya, masih banyak buah lain yang bisa Anda pilih, bahkan kualitas nitrisinya yang jauh lebih baik lagi. Berikut beberapa buah yang perlu Anda hindari saat mengandung.

Hindari Durian
Durian sebenarnya sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan, akan tetapi bagi ibu hamil bisa mendatangkan resiko yang kurang baik jika berlebihan. Buah durian memiliki sifat panas saat berada didalam perut, selain itu juga diduga mengandung kadar alkohol.

[Baca juga: Fenza Suplemen Ibu Hamil dan Menyusui]

Hindari Pepaya
Asupan pepaya ternyata juga bisa menyebabkan keguguran. Hal ini terutama pepya yang mentah atau setengah matang kaya akan lateks (getah) yang dikenal bisa memicu kontraksi rahim. Buah pepaya terutama harus dihindari selama trimester ketiga dan terakhir kehamilan.

Hindari Nanas
Nanas adalah buah yang termasuk harus dibatasi bahkan kalau perlu dihindari oleh wanita hamil. Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain, yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarahkan ke persalinan dini atau prematur. Wanita hamil yang makan buah nanas dalam jumlah sedang dan sering bisa berpengaruh pada persalinan terutama selama trimester pertama untuk mengindari kejadian seperti pelunakan leher rahim.

Hindari buah yang belum dicuci
Saran yang paling penting bagi wanita hamil adalah untuk mengindari buah yang tidak dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Hal ini berlaku kepada seluruh jenis makanan sanagt penting untuk menjaga kebersihannya selama kehamilan untuk menghindari infeksi bebagai bakteri seperti toksoplasmosis. Selain itu kulit buah yang tidak dicuci sangat mungkin menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan.

5 komentar

wah makin keren aja nih blognya, apdetnya teratur lagih

iya terimakasih mas/mbak, terimakasih juga telah berkunjung :)

baru tahu kalau ternyata buah yang belum dicuci harus dihindari :)

makasih infonya,jdi lebih tahu buat istri ane jika nantinya ngidam pengen buah - buahan

subhanallah,, saya baru menyadari ternyata semua harus di cuci.. nah sempat baca di salah satu blog kabarnya terlalu lama mencuci akan membuat kandungan dalam buah terutama di kulitnya bisa ikut terkikis.. tapi untuk ibu hamil nampaknya harus benar2 steril ya..
nice info kak,., senang bisa dapet ilmu bermanfaat disini,, amal jariyah nih buat anda :) hhehe


Emoticon Emoticon