Header Ads

test

Resiko Penyakit Jantung Yang Tidak Disadari Wanita

resiko penyakit jantung pada wanita
Penyakit jantung adalah bahaya yang serius dan cukup sering kita mendengar informasi seputar jantung, tapi apakah Anda yakin sudah mengetahuinya? Sebuah studi yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology menemukan bahwa sebagian wanita hanya tahu sedikit tentang gejala dan faktor resiko dari penyakit yang membahayakan ini.

Dalam survey, peneliti meminta 1.654 wanita Kanada usia 25 tahun ke atas untuk menjawab pertanyaan seputar penyakit jantung secara online atau via telpon. Mereka menjelaskan beberapa tindakan yang paling mungkin mereka ambil, termasuk makan buah dan sayuran lebih banyak, berolahraga secara teratur dan rutin check up ke dokter, menjaga berat badan, berhenti merokok, menghindari stress, mengendalikan hipertensi, mengkonsumsi vitamin, dll kemudian mereka juga diminta untuk mengidentifikasi gejala dan faktor mana saja yang termasuk pada penyakit jantung.

Hasilnya, jumlah wanita yang mengenali gejala utama penyakit jantung ternyata kurang dari separuh. Herannya, kurang dari separuh wanita tidak menyebutkan rokok sebagai penyebab penyakit jantung, dan kurang dari seperempat menyebutkan hipertensi atau kolesterol tinggi sebagai peringatan serius. Menariknya sebagian besar wanita mengatakan mereka lebih tertarik untuk mendapatkan info kesehatan jantung dari dokter, tetapi hanya sedikit wanita yang benar-benar bicara kepada dokter tentang hal ini saat melakukan kunjungan.

Meskipun studi ini hanya memperlihatkan hasil dari sekelompok wanita di Kanada, studi ini membuktikan jelas bahwa banyak wanita masih remang-remang seputar kesehatan jantung mereka. Tetapi kenyataannya penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita, menurut American Heart Association. Jadi sudah saatnya untuk mengetahui faktor resiko, tanda-tanda serangan jantung, dan jangan ketinggalan info seputar kondisi jantung Anda.

36 komentar:

  1. yang namanya penyakit apalagi gk disadari pasti sangat berbahaya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, untuk itu perlu kesadaran untuk memeriksakan kondisi tubuh sendiri sebelum terlambat.

      Hapus
  2. ternyata justru kebanayakan dari kaum wanita lebih besar terkena ya mbak...
    padahal rokok kan banyak dihisap oleh kaum pria.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski tidak semua wanita merokok, tapi mengherankan jika banyak wanita tidak menyebutkan rokok sebagai penyebab penyakit jantung.

      Hapus
  3. penyakit jantung ini kalau dilihat dari luar gak kelihatan ya, terus kalau mau mengetahui bahwa seseorang atau wanita terkena penyakit jantung bagai mana ya, gak mungkin khan di bikin kaget untuk memastikan bahwa orang tersebut mempunyai penyakit jantung ... Tapi kata emak saya itu yang mempunyai penyakit jantung adalah orang yang suka makan bunga pisang alias jantung... ah mitos heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mang yono emang gejalanya awalnya gak pasti tapi kalo kita lebih waspada, pasti mulai merasakan ada yang tidak beres dengan diri kita saat jantung serasa berdebar-debar kalo ketemu si dia dan keringat dingin.. hahaha biasalah itu mitos jaman dulu, mesti dicari penjelasan ilmiahnya.

      Hapus
  4. setelah baca tentang penyakit jantung disini ini, saya ngga bakalan alpa jika ada gejala yang terjadi pada keluarga saya yang wanita....artikel ilmu banget eiu teh neng.
    nuhun yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun kang sami-sami.. diperhatikan ya anggota keluarga wanita nya, terutama sang istri ;)

      Hapus
  5. saat ini penyakit jantung bukan saja diderita oleh orang2 tua, malah sekarang usia muda pun bisa terserang penyakit jantung ini
    Apa mungkin dari sisi makanan ya yang mempengaruhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan yang tinggi kolesterol, bisa memicu penyakit jantung mas.

      Hapus
  6. mungkin karena wanita 10% dibanding pria yang merokok, makanya mereka tidak menyebutkan ROKOK sebagai penyebab gejala jantung tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bisa jadi. apalagi survey ini hanya menunjukkan segelintir wanita di Kanada. namun tidak ada alasan bagi kita untuk lalai memperhatikan kondisi jantung sendiri :)

      Hapus
  7. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia.. harus bener2 di perhatikan.. buat yang masih sehat, jagalah pola hidup dan pola makan yang sehat. SEHAT ITU MAHAL, TAPI PENYEMBUHAN SAAT SAKIT ITU LEBIH MAHAL LAGI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu mas, lebih mudah mendapatkan makanan yang kurang sehat ketimbang makanan yang sehat wkwkwk
      mirisnya sebagian orang masih berpikir, nanti aja kalo sakit baru beli obat. padahal meminum suplemen saat masih sehat itu investasi lho :D

      Hapus
  8. memng resiko penykit jntung..kebnyakn wanita yg kena..mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut American Heart Association, penyakit jantung adalah penyebab kematian utama pada wanita mas :)

      Hapus
  9. wah wah.. ternyata wanita juga beresiko kena penyakit jantung lebih besar.. padahal kebanyakan wanita tidak merokok loh.. eh tapi memang perokok itu lebih kecil resiko terserang penyakit gara gara rokok ketimbang orang yang tidak merokok namun menghisap asap rokok di sekelilingnya ehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya perokok pasif resikonya lebih besar ketimbang perokok aktif gitu ya mas? wah mendingan jadi aktif aja dong wkwkwk

      Hapus
  10. harus tau gejala-gejalanya yia... karena siapa tahu aja terkena penyakit jantung....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas dengan mengetahui gejala awalnya kita bisa secepatnya ambil tindakan antisipasi.

      Hapus
  11. Waduh, kaum wanita memperhatikan hal ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pria juga harus perhatikan jantungnya.

      Hapus
  12. kalau untuk lelaki gmna mba elsa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja mas laki-laki juga terancam resiko jantung kalo gaya hidupnya tidak sehat :)

      Hapus
  13. salah satu fakter penyebab penyakit jantung bisa dikarenakan karena merokok yah mbak, lebih baik tidak merokok agar tubuh tetap sehat, makasih informasi kesehatannya.

    BalasHapus
  14. kesehatan itu emang nomer 1 ya mbak, harus hidup dan jaga kebersihan biar penyakit tidak gampang menempel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, saya setuju dengan mas rudi.. sehat itu mahal, tapi pengobatan saat sakit lebih mahal lagi..

      Hapus
  15. Terkadang budaya kita ini masih takut untuk check up ya mb, takut ketahuan penyakitnya :-). Padahal untuk upaya pencegahan kan ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. seperti kata-kata prabowo, kita harus tahu dulu apa penyakit kita baru kita bisa disembuhkan, baru kita bisa bangkit :D

      Hapus
  16. Salah satu penyakit yang paling menakutkan adalah serangan jantung ya Mba, karena kalau penyakit jantungnya sih mudah ke deteksi kalau di periksakan, namau kalau sudah kena serangan jantung itu yang sulit di antisipasi ya ?

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak indra, serangan jantung memang menakutkan. itulah kita harus mempelajari faktor penyebab dan gejala awalnya agar bisa antisipasi dari sekarang.

      Hapus
  17. penyakit janntung emang gabisa disepelekan, kalo tidak segera ditangani bisa beresiko fatal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maka dari itu harus dicegah sedari usia muda

      Hapus
  18. Kata org2 dikampungku enggak usah kwatir, org2 ky kita g bkl kena itu pnykit krn pnykit itu cm bt org kya. Wktu q msh kecil percya ajah. Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuduhan yang gak adil, saya orang kaya tersinggung.. hahaha :))

      Hapus