Senin, 11 Agustus 2014

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi
Memiliki kadar kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada orang yang kegemukan, peminum alkohol atau perokok berat yang menghabiskan 40 batang dalam sehari, tapi juga bisa terjadi pada orang yang jarang olahraga, sering merasa stress atau penuh dengan tekanan. Jika setelah menjalani pemeriksaan Anda dinyatakan memiliki kadar kolesterol tinggi, selalu ada cara untuk menurunkan kolesterol.

Stop Merokok

Bagi seorang perokok, tindakan yang harus dilakukan sudah pasti dengan berhenti merokok. Ditemukan zat kimia bernama akrolein pada rokok. Kolesterol secara alamiah akan menuju liver untuk dihancurkan, namun keberadaan akrolein menggagalkan proses penghancuran tersebut. Sehingga kolesterol yang seharusnya dibuang itu malah pergi ke pembuluh darah arteri, dimana kondisi ini dapat memicu penyakit kardiovaskuler.

Hindari Lemak Jenuh

Selain berhenti merokok, sangat penting bagi Anda untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging, kue, biskuit, dan produk olahan lainnya seperti selai dan keju. Mengkonsumsi sayuran memang penting, tapi jangan lupakan buah dan biji-bijian. Disarankan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak seperti minyak ikan, kacang, kecambah, dan minyak sayur yang dapat menurunkan kadar LDL.

Bergerak Lebih Banyak

Lebih banyak bergerak akan sangat membantu dalam menurunkan kolesterol. Latihan aerobik selama 150 menit dalam seminggu dapat menjaga kadar kolesterol Anda, lakukan semua kegiatan yang membuat Anda berkeringat. Latihan lain yang bisa Anda lakukan adalah berjalan cepat, bersepeda, dan berenang.


Jika semua tips di atas sudah dipraktekan dan kadar kolesterol masih belum turun, dokter biasanya memberikan obat statin untuk menjaga kadar LDL Anda. Meski statin bersifat ketergantungan dan Anda harus membiasakan diri dengan cara hidup yang berubah drastis, statin cukup membantu bagi penderita kolesterol tinggi.

18 komentar

Wah, jarang olahraga juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi to mb :-). Harus sering-sering olahraga nih berarti :-)

untung saya bukanlah seorang perokok hehe

disamping tidak merokok....saya cenderung bergerak lebih banyak...untuk menghindari penumpukan lemak.........keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

bagi seorang blogger, apalagi yg menjadikan blog sebagai sumber pendapatan...yang ketiga pastinya rada susah ya teh :)

ternyata rokok juga buat kolesterol tinggi ya

iya mba anggun olahraga itu penting biar tubuhnya nggak kaku

alhamdulilah ya, tinggal lemak jenuh dihindari sama lebih banyak gerak aja mas intan. pasti kolesterol tinggi bisa dicegah :)

semoga sehat selalu mas hari, kalo sakit saya sedia obatnya :)

iya mas jery saya juga susah mengalahkan rasa malasnya :D

iya, terimakasih kunjungannya mas ilham

ketiga poin diatas yang dilakukan setiap hari...resiko kolesterol tingginya tinggi banget ya kak?

Untung aku gak perokok, dan semoga sampai kapanpun tetap begitu.. Kolestrol ini gak enak bnget, harus dihindari..

ketiga point di atas adalah kiat-kiat untuk mencegah kolesterol tinggi.

kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada perokok, tapi juga pada orang yang kurang aktif bergerak.

Stop merokok, ini nih yang paling susah...

kalau ada niat pasti ada jalan :)


Emoticon Emoticon