Selasa, 08 Juli 2014

Melasma dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi melasma

Melasma merupakan pigmentasi berlebihan yang terjadi pada suatu bagian dari kulit (terutama kulit wajah) yang muncul berupa bercak hitam. Flek atau melasma juga dikenal dengan nama chloasma, tanda kehamilan, pigmentasi, bercak coklat, dan sebagainya (Kauh and Zachian, 1999). Melasma adalah masalah yang umum terjadi, terutama wanita 30 tahun ke atas (lebih dari 40% wanita pada usia ini sangat rentan). Meski demikian kasus ini juga dialami oleh pria. Setiap golongan ras juga memiliki resiko yang sama, namun lebih banyak terjadi pada penduduk di negara Amerika Latin dan Asia.

Faktor-faktor yang diduga menjadi etiologi melasma adalah perubahan hormonal pada kehamilan, penggunaan obat kontrasepsi hormonal, disfungsi tiroid, kosmetika tertentu, dan obat-obat photosentizizer. Faktor terpenting dalam terjadinya melasma adalah paparan sinar matahari (Gupta et al, 2006).


Proses Terjadinya Melasma

Radiasi UV menyebabkan terbentuknya reactive oxygen specias (ROS) yang mengakibatkan stres oksidatif. Stres oksidatif berperan penting pada efek biologis yang disebabkan oleh sinar UV. Radiasi UV menyebabkan peroksidasi lipid di membran sel, mengakibatkan terbentuknya radikal bebas. Radikal bebas ini kemudian akan menstimulasi melanosit untuk memproduksi melanin yang berlebih.

Ada beberapa macam perawatan yang tersedia untuk mengatasi melasma, umumnya bersifat tropikal menggunakan bleaching agents, seperti hydroquinone, maupun retinoic acid (Griffiths et al, 1993). Cara lain adalah berupa mekanikal dengan cara mikrodermabrasi maupun laser (Grimes, 1995). Namun hingga saat ini perawatan mengatasi melasma masih menjadi tantangan tersendiri karena responnya yang bervariasi, waktu peratan yang lama dan sifatnya yang tidak tahan lama. Maka dari itu perawatan internal dengan pemberian secara oral dapat dijadikan salah satu solusi untuk perawatan melasma untuk hasil yang lebih bertahan lama dan aman untuk jangka panjang.

French Maritime Pine Bark Extract

French Maritime Pine Bark Extract (Ekstrak FMPB) yang mengandung Procyanidin merupakan eksrtak yang diambil dari tumbuhan Pinus pinaster yang tumbuh di Prancis tepatnya di hutan Landes de Gascogne di lana seluar 1 juta hektar yang terdapat di barat daya Prancis. Kulit batang pohonnya sangat kaya akan polifenol. Polifenol ini selanjutnya akan diekstrasi.

Ekstrak FMPB yang terstandarisasi dan telah dipantenkan, yaitu Pynogenol memiliki beragam manfaat farmakologi. Ekstrak ini terdiri atas konsesntrat polifenol, terutama asam fenolat dan Procyanidin. Kuliatas kulit pohon pinus yang digunakan untuk membuat ekstrak, distandarisasi sesuai dengan peraturan yang berlaku di Prancis. Kulit pohon pinus yang ditanam bersamaan harus sudah berumur 30-50 tahun sehingga kualitas bahan mentah yang digunakan untuk menghasilkan Procyanidin stabil dan tidak mengalami variasi musiman atau tahunan dan berbeda-beda dengan produk-produk herbal lainnya.

Ekstrak FMPB diambil dari kulit batang pohon pinus yang telah dibersihkan, diseleksi, dan dihancurkan di pabrik yang berdekatan dengan hutan pinus. Kulit pohon pinus tadi mengalami serangkaian tahap ekstraksi dengan menggunakan air dan etanol sebagai pelarut melalui proses ekstraksi otomatis yang telah dipatenkan. Ekstrak tadi kemudian dikeringkan hingga menghasilkan seburk yang sangat halus berwarna kecoklatan, dan larut dalam air.

Salah satu kegunaan utama ekstrak FMPB di bidang dermatologi adalah untuk mengatasi kelainan hiperpigmentasi, terutama melasma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian FMPB 40 mg dua kali sehari mampu memberikan perbaikan bermakna pada luas area melasma maupun indeks pigmentasi pada pasien. Ekstrak FMPB berpotensi menjadi solusi terapi baru untuk mengatasi melasma.

41 komentar

wah muka saya juga ada bercak hitamnya loh mbak.. tapi bekas jerawat yang tak terurus hehehehehe

wah saya nyimak saja kalo masalah beginian :)

Mba Elsa... Terima kasih sharing infonya...
lama gak mampir kesini, ketinggalan banyak info aku, :D

aduh sayang banget muka gantengnya terganggu =)D

makasih kunjungannya mas firman

selamat datang mba =D
ini blog saya yg baru :)

karena ini bagian kulit, saya mau tanya ni mbak. bolehkan?

ada teman saya yang alergi kulit dan gatal-gatal, ya bisa dibilang kurap lah. nah dia sudah beli obat dengan merek nizoral krem, tapi tidak ada perubahan, padahal harganya mahal. Nah, jika saran mbak apa tu obat yang tepat, mohon dikonformasi ya

Ternyata pori-pori kulit itu bisa juga ya mba rusak dengan kosmetik, bahaya juga ya efek dari penggunaan kosmetik yang tidak cocok ini. Terimakasih sharingnya Mba.

Salam

ooo bercak hitam diwajah itu namanya melasma tombak elsa.baru tahu saya,makasih infonya

Wah, sekarang ini ga ada yang ga bisa. ga ada wanita yang ga cantik, tinggal mau cantik atau tidak, semua sudah ada solusinya ya mb.. :)

salam kenal,

maaf bartu bisa datang nih, maklum teh..masih banyak kesibukan..untuk tips dan reperensinya sipp. mantapp.

ini kayah wajahnya orang2 belanda ya
terlihat tidak bersih wajahnya

jadi bagus mukanya ya..

wah cowo ternyata bisa terkena juga ya.. mbak :)

selamat malam Mba, ternyata namanya melasma ya Mba, di kulit wajah saya juga ada bercak hitamnya, semoga tipsnya bisa membantu mengatasi bercak hitam saya.

kok belum ada balasan ya ini :D

Melasma itu paling sering di wajah ya mbak..??, maklum saya ga begitu tau soal beginian, karna saya juga tidak memperhatikan penampilan

barutahu kalo hal semacam itu namanya melasma.. itu bisa juga dipake untuk mengatsi flek hitam bekas jerawat juga dong mba?

bagi cewek-cewek di catet ya cara mengatasi melasma nya.. :)

saya pernah cek kulit gratis dulu mbak, dan kata mbak2 nya saya ada flek hitam karena faktor keturunan, dan memang bisa diminimalisir dg kosmetik/obat tertentu

bukan saja bahaya, bahkan bisa menimbulkan alergi permanen lho :D

lagi atit saya mas =D kemarin nyempetin ngecek blog cuma publish komen aja,
kalo untuk keluhan spesifik seperti gejala alergi kulit dan kurap sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kulit langsung mas. karena saya nggak mendalami, cuma sebatas perawatannya aja (semua yang berbau beauty dan skincare)

dan ternyata kulit yang tidak dirawat sama sekali (belum pernah disentuh kosmetik) juga dapat mengalami kerusakan. kosmetik seperti pisah bermata dua, apabila digunakan dengan baik dapat mempercantik user-nya. tapi kalau digunakan dengan cara yg salah, malah jadi membahayakan :)

saya juga baru tahu, lalu saya share sedikit ilmu ini kepada rekan-rekan barangkali bermanfaat. orang kan taunya masalah kulit kalo ngga flek ya jerawat :)

di dunia ini tidak ada wanita jelek. yang ada hanyalah wanita malas :)

terimakasih kunjungannya dan sukses selalu..

gak semua orang belanda kayak gitu kali mas =D

iya mas, meski peluangnya kecil. tapi asya pernah melihat cowo yang mengalami melasma seperti ini

wah kalo gitu mesti diatasi dengan pynocare white dong mas =D

iya mas, melasma ini merupakan masalah kulit yang paling sering muncul di wajah.
ada yang bilang menjadi rupawan itu takdir, tapi menjadi menarik adalah pilihan ;)

flek dan bekas jerawat bisa diatasi dengan pynocare biasa, tap pynocare white formulanya lebih lengkap jadi selalu menghilangkan flek juga bisa memutihkan kulit pada seluruh tubuh.

melasma juga dapat terjadi pada cowok mas =D

ada banyak pilihan kosmetik dan obat untuk mengatasi flek hitam, salah satunya pynocare white mba :)

waw, lima bulan kemudian wajah bisa cantik begituu ckck
kerenn bingiitt nihh hehe

kalau saya bercak hitam ada si di wajah, tapi bukan karena luka melainkan karena tahi lalat heehee

oooo gitu ya mbak, maaf ya jika sedikit mengganggu dan terima kasih

alhamdulillah teh kulit muka saya muluuus...

apa mungkin istri saya kemarin juga mengalami istilahnya "melasma" ini ya?... sewaktu hamil, daerah leher istri saya terdapat beberapa bercak hitam. tapi setelah melahirkan, bercak-bercak itu hilang sendiri....

iya dong, produk kami pynocare white sudah ada risetnya.. :)

bisa jadi itu memang melasma karena dapat muncul selama masa kehamilan, tapi bisa hilang sendiri asalkan rajin dirawat. mungkin istrinya mas budy pandai dalam merawat atau jarang kena sinar matahari langsung :)


Emoticon Emoticon