Selasa, 15 Juli 2014

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

cara mengatasi bibir kering saat puasa

Bibir kering saat puasa sepertinya sudah menjadi masalah yang umum, dimana Anda dan saya pernah mengalaminya. Biasanya tindakan refleks kita ketika menyadari bibir kering, adalah membasahi permukaan bibir dengan ludah (menjilat bibir), yang justru malah akan membuat bibir semakin kering nantinya karena ludah di permukaan bibir akan dengan mudahnya menguap. Bibir yang kering rentan terhadap luka, bisa menimbukkan rasa sakit, dan jika tidak diatasi dapat menyebabkan infeksi. Untuk saya ingin bebagi cara mengatasinya agar bibir kering dapat teratasi.


  • Penuhi kebutuhan air minum 8 gelas per hari. Yang menjadi kendala, kita seringkali lupa mengatur waktu kapan saatnya minum, karena di malam hari pikiran kita hanya mengarah pada makanan, beribadah, atau tidur. Akumulasikan jumlah air minum yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka dapat membantu mencegah bibir kering.
  • Konsumsi cukup sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin B, C, E, dan mineral saat sahur dan berbuka.
  • Gunakan pelembab bibir atau lip balm untuk menghindari bibir kekeringan, alternatif lainnya adalah madu.
  • Pijat area bibir dengan minyak zaitun untuk melancarkan sirkulasi darah di area bibir.
  • Hindari mengelupas bibir yang pecah-pecah, karena ini dapat memperparah infeksi pada area tersebut.


Demikianlah kiat-kiat untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan :)

23 komentar

benar itu mbak, puasa ini bibir saya sering kering, kalau saya sering mengoleskannya dengan madu mbak biar terus lembab :D

alangkah baiknya di waktu malam hari terpenuhi kebutuhan air minum sehari

kalo bibir kering tinggal makan permen aja hehe

keren dah cara mengatasi bibir kering ini teh... kebetulan bibir saya juga suka kering nih

biasanya bibir kering saat puasa karena dehidrasi... Boleh di coba nih tips nya dari mb elsawati.. biar puasanya makin lancar.. :)

tapi kalo lagi puasa jangan dijilat madunya mas :)

iya tapi tetap harus diatur juga waktu minumnya, jangan sampai tidur terganggu karena terbangun ingin buang air..

permen mengandung gula. gula bisa menguap. nah, jadi tambah kering dong? :D

keren apanya ya, biasa aja ko mas =D

selamat menjalankan ibadah puasa

aku pribadi klo pakek lip balm malah kering kak klo uda agak lama gitu, malah ngelupas-ngelupas sendiri >.<
mensiasatinya paling aman lebih ke madu sih, sebelum tidur sama pas abis sahur, hehe..

Bila perlu makan lasegar pas sahur atau berbuka puasa.

Makasih mbak tipsnya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Saya sering melakukan yang poin terakhir mb, mengelupas bibir yang pecah-pecah tadi..ternyata malah menambah parah infeksi ya..tks sharingnya

Saya sering melakukan yang poin terakhir mb, mengelupas bibir yang pecah-pecah tadi..ternyata malah menambah parah infeksi ya..tks sharingnya

mumpung masih malem, praktekin tipsnya...:)

iya itu mbak :D
madu itu yang pass :D
kalau lip balm malah bikin tambah kering, trus mengelupas... saya gak cocok -_-

apa semua merk lip balm efeknya sama mba? emang lebih aman madu ya karena alami dan tidak mengadung zat pengawet =D

boleh juga tuh lasegar biar nggak panas dalam :)

waduh, ngeri dong >.<
besok-besok jangan lagi ya =D

hehe terimakasih sudah praktekin

oh gitu ya :) kalo saya seringnya pake lip balm, karena pake madu takut batal kecuali pas malem-malem =D

Kalo saya lebih banyak ke minum air mbak soal terasa efeknya.

solusi yang lebih irit pastinya :D


Emoticon Emoticon