Kamis, 31 Juli 2014

Mengenal Spirulina dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

spirulina dan manfaatnya

Spirulina adalah tumbuhan mikro ganggang yang telah hidup sejak miliaran tahun yang lalu. Ia memiliki struktur sel yang sama dengan sel bakteri, berukuran mikroskopis. Pada umumnya ia terdapat di perairan tanah yang lembab, permukaan dinding tembok, pot, atau batu karang yang lembab.

Ia mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap dibanding sumber lainnya, yaitu vitamin B kompleks B1, B2, B3, B6 dan B12 dalam setiap 10 g spirulina. Berikut ini adalah manfaat spirulina bagi kesehatan.

1. Mengurangi resiko kanker.

Penelitian terbaru membuktikan bahwa spirulina dapat bekerja sebagai stimulan penyembuh kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Sel-sel seperti antibodi, cytokines (protein yang melawan infeksi), ditingkatkan produksinya oleh spirulina untuk membantu proses penyembuhan penyakit kronis seperti kanker. Spirulina juga dapat mengurangi efek samping kemoterapi seperti kepala pusing, mual, tidak nafsu makan dan tenggorokan kering.

2. Sebagai sumber protein alami.

Spirulina memiliki asam amino sebanyak 62 persen dan nutrisi lainnya. Secara tradisional spirulina dapat dijadikan sebagai suplemen alami bagi orang yang kekurangan kalori, atau tidak mendapat protein yang cukup dalam dietnya, serta bagi orang yang membutuhkan protein lebih seperti atlet. The International Conference on Applied Microbiology, menyatakan: “Spirulina harus dipertimbangkan sebagai sumber makanan untuk masa yang akan datang”.

3. Mengatasi anemia.

Sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin bisa distabilkan dengan Spirulina. Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa Spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Ini membuktikan tingginya zat besi yang terkandung dalam spirulina dapat mengatasi keluhan anemia.

4. Mengatasi infeksi.

Spirulina memiliki keunggulan bisa menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV. Penelitian Laboratory of Viral Pathogenesis, Dana-Farber Cancer Institute and Harvard Medical School, Massachusetts, Amerika Serikat pada 1996, membuktikan: “Spirulina dalam konsentrasi 5-10 mg/ml mampu menghambat pembelahan sel HIV-1, konsumsi Spirulina terbukti memberikan masa hidup lebih lama pada pasien AIDS”.

Karena spirulina memiliki banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, sejumlah penelitian yang telah dilakukan juga membuat kita perlu mempertimbangkan spirulina sebagai makanan yang harus kita konsumsi di masa mendatang.

16 komentar

tumbuhan mikro yang sangat bermanfaat ya mbak. Memang benar, tuhan menciptakan segala sesuatunya pasti dengan manfaatnya.

Jadi spirulina skarang blum diolah jadi makanan ya Mbak... jadi tau nch..

saya baru tahu ternyata tumbuhan kaya beginian banyak sekali manfaatnya, kalau kita mau mengkonsumsi tumbuhan diatas caranya gimana nih... apa di makan langsung atau di gimanain dulu

Spirulina ini seperti lumut atau memang termasuk keluarga lumut-lumutan ya mbak Elsa,ok Terimakaish untuk artikelnya mbak Elsa...

rumput ini saya baru tahu manfaatnya, padahal mudah dijumpai ya

wah saya baru tau nih, ternyata spirulina ini sangat banyak khasiatnya ya mba. Terimakasih mba udh sharing :D

saya sering mengunakan tumbuhan spirulina ini untuk tanaman air penghias aquascape supaya lebih indah...eh ternyata punya kahsiat yang sangat baik juga ya, saya baru tahu, kalau begitu nanti kalau spirulina di aquascape pertumbuhannya mulai jelek jangan dibuang ya tapi diolah saja :)

wah bisa jadi keluar produk puding atau agar2 yang berasal dari tumbuhan ini ya mbak :)

iya mas karena manfaatnya banyak sayang sekali jika tidak dikonsumsi, dengan cara yang tepat tentunya. sebentar lagi ada rencana mau launching produk baru dari spirulina.

katanya sih kalo di jepang udah diolah jadi bahan makanan.. tapi sebenarnya ada ko obat-obatan herbal yang terbuat dari spirulina.

sebenarnya udah dijadikan obat herbal mas, jadi tunggu aja kurang lebih 2 bulanan lagi saya launching produk spirulina.

iya mas kurang lebih sih kayak lumut gitu deh penampakannya :D
tapi ini tumbuhan jenis ganggang lho

ukurannya mikroskopis mba jadi kalo diliat dari dekat kayak rumput, padahal ini lumut :)

kalo dikaji lebih dalam ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari spirulina, apalagi sudah banyak penelitiannya. ok sama-sama

bagus juga tuh mas jery kalo diolah, jadi biar sehat semua sekeluarga :)
tapi cara pengolahannya juga diperhatikan, karena kan harus steril.


Emoticon Emoticon